Tambah Wawasan Melalui Pelatihan Usaha Perikanan

Diskan Gumas – Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dalam hal ini Bidang Sumber Daya Sarana dan Prasarana menggelar kegiatan Pelatihan Usaha Perikanan Tahun 2018, yang dilaksanakan di Aula BPP Kelurahan Kampuri Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas (6 s/d 7 September 2018).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gumas Ir. Trinayati, M.Si, dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan gejolak harga ikan yang terus meningkat dan tidak stabil berdampak memberatkan ekonomi masyarakat, untuk itu sumber daya manusia khususnya pembudidaya ikan harus ditingkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar mampu mengelola dan membudidayakan ikan dengan baik. Ia mengharapkan Peserta yang mengikuti Kegiatan Pelatihan Usaha Perikanan di Kelurahan Kampuri harus mampu menjadi motivator dalam usaha budaya ikan dan saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan potensi yang tersedia di Kecamatan Mihing Raya guna meningkatkan produksi ikan yang akhirnya berdampak untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kepala Bidang Sumber Daya Sarana dan Prasarana Yosep Lahes, S.Pi selaku ketua panitia menjelaskan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat atau kelompok pembudidaya bagaimana cara membudidayakan ikan yang baik supaya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pembudidaya ikan.

Materi yang disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Usaha Perikanan meliputi materi Kebijakan Umum Pembangunan Perikanan di Kabupaten Gunung Mas, Teknik Budidaya Ikan di Kolam, Pengembangan Usaha Perikanan, Teknik Budidaya Ikan, Alat dan Bahan Kolam Terpal dan Praktek Pemasangan Kolam Terpal.

 

Sebagai Narasumber adalah Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas, Kepala Bidang Produksi, Kepala Seksi Kelembagaan dan Perizinan Usaha, Penyuluh Perikanan dan Koordinator BBI Kurun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.