Inovasi Menu Masakan dalam Lomba Masak Serba Ikan

Diskan Gumas – Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dalam hal ini Bidang Bina Usaha Perikanan gelar kegiatan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Kabupaten Gunung Mas Ke-2 Tahun 2018. Acara yang berlangsung pada tanggal 29 Agustus 2018 di GPU Damang Batu ini berlangsung meriah.

Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Rajawali, S.Pi selaku ketua panitia menjelaskan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan memasak berbahan baku ikan, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan dan kandungan gizi bagi kesehatan serta kecerdasan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan Ir. Trinayati, M.Si mengatakan “melalui LMSI diharapkan peran kita untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dari mengkonsumsi ikan yang aman dan sehat, serta bertujuan untuk menghasilkan inovasi dari ide-ide kreatif ibu-ibu dalam menu masakan berbahan baku ikan, dan mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan”.

Kegiatan LMSI tingkat Kabupaten ini melibatkan Ibu-ibu Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Gunung Mas dan secara resmi dibuka oleh Sekretaris TP-PKK Kabupaten Gunung Mas Ibu Susi Sukarningsih Edwin Yustian, yang dalam sambutannya menyampaikan sasaran dari kegiatan lomba ini adalah meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat yang dimulai dari konsumsi ikan di keluarga.

Dalam lomba ini diundang 12 Kecamatan di Kabupaten Gumas namun peserta yang dapat mengikuti lomba dimaksud hanya 6 Kecamatan. Peserta diminta menyajikan tiga menu serba ikan yakni menu keluarga, menu balita dan kudapan. Bahan baku utama yang ditetapkan dalam menu keluarga adalah ikan Bandeng.

Setelah melalui proses penjurian, Kecamatan Kurun yang menyajikan Bandeng Bumbu Kuning sebagai menu keluarga ditetapkan sebagai juara pertama, sekaligus mewakili Kabupaten Gumas pada LMSI tingkat Provinsi. Juara dua diraih Kecamatan Manuhing dengan menu Ikan Bandeng Saus, sementara juara tiga diraih Kecamatan Tewah dengan menu Ikan Bandeng Isi Kelapa Muda.

Dewan Juri menjelaskan, setiap menu yang disajikan peserta mempunyai keunggulan serta kelemahan masing-masing sehingga selisih angka penjurianpun hanya sedikit

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian Ir. Yohanes Tuah, M.Si yang berkesempatan menyerahkan tropi penghargaan dan uang pembinaan pada Juara I dan menyampaikan ucapan selamat serta berharap peserta dapat lebih mempersiapkan diri dalam keikutsertaan Kabupaten Gumas diajang LMSI Tingkat Provinsi.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.