Bantuan Benih dan Pakan Ikan Tahun 2020

DPKP Gumas – Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas dalam Program Pengembangan Budidaya Perikanan melakukan penyerahan bantuan benih dan pakan ikan Tahun 2020, yang dilaksanakan di Kelurahan Tewah dan Desa Tumbang Habaon Kecamatan Tewah (8 April 2020).

Kelompok Budidaya Ikan di Kelurahan Tewah yaitu Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) “MANDIRI” yang beranggotakan 15 orang mendapatkan benih Gurame 6.750 ekor serta pakan 2.700 Kg, sedangkan pada Desa Tumbang Habaon Pokdakan “KARYA HABAON” yang memiliki anggota 14 org mendapatkan benih Gurame 7.000 ekor serta pakan 2.520 Kg secara gratis. Kegiatan ini merupakan pengembangan perikanan budidaya ikan air tawar dengan tujuan untuk meningkatkan produksi ikan air tawar di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gumas Ir.Letus Guntur menyampaikan bahwa ribuan benih ikan tawar jenis Gurame yang dibagikan kepada Pokdakan nantinya akan disalurkan kepada setiap anggota Pokdakan. Dengan mendapatkan benih ikan tawar itu diharapkan agar pecinta pembudidaya ikan tawar bisa memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan yang memiliki sumber air dan sesuai dengan teknis perikanan untuk dijadikan kolam sebagai tempat budidaya ikan tawar.

“Yang pasti, jika program ini berjalan akan memberikan dampak positif terhadap masyarkat karena selain akan meningkatkan komsumsi ikan, mereka juga akan mendapatkan nilai tambah pada anggota kelompok pembudidayaan ikan yang lain. Saya harap pekarangan rumah yang tidak bermanfaat bisa diolah menjadi tempat pembudidayaan ikan air tawar”, pungkasnya.

Bantuan ini setelah melalui identifikasi dan verifikasi melalui CP CL dan kelompok telah memiliki kolam.

“Benih ikan yang dibagikan adalah jenis ikan tawar yang memiliki nilai ekonomis dan diminati masyarakat serta mudah dibudidayakan dan Pokdakan yang mendapatkan bantuan merupakan hasil evaluasi kelompok pembudidaya ikan yang sudah melaksanakan usaha budidaya dan dianggap cukup berhasil sehingga DPKP Gumas memberikan apresiasi pada kelompok tersebut dan mendukung Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas dalam Smart Agriculture” terangnya.

Permintaan benih ikan air tawar oleh anggota Pokdakan yang tersebar dibeberapa kecamatan sangat meningkat sehingga pihak DPKP Gumas cukup kewalahan melayaninya akibat keterbatasan benih dan anggaran apalagi dikarenakan wabah virus Corona konsumsi akan ikan meningkat. Namun permintaan ini tetap akan ditindaklanjuti dengan menyalurkan benih secara bertahap.

Diharapkan dengan bantuan ini sebagai stimulus bagi masyarakat dan wajib bagi anggota Pokdakan air tawar secara berkelanjutan dan selain untuk konsumsi sendiri bantuan ini juga sebagai modal untuk budidaya namun selanjutnya diminta dapat mandiri dalam penyediaan pakan dan benih.

Masyarakat yang ikut membudidayakan ikan air tawar tentunya akan mendapatkan nilai ekonomi tambah jika sudah dipasarkan dan berharap benih ikan yang telah didapatnya bisa dipelihara dan dirawat hingga sampai tiba waktu masa panennya.

“Dan saya berharap kepada semua anggota Pokdakan yang menerima benih ikan bisa memelihara sampai tiba masa panen nanti”, harapnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.